Kamis, 31 Oktober 2013

Cara Mengatasi Rambut Rontok


Jika Anda mengalami masalah kerontokan rambut yang ditandai dengan menghilangnya rambut dari kepala Anda, mungkin hal ini adalah salah satu masalah kerontokan  rambut yang  parah atau yang biasanya ditandai dengan alopecia  areata (kerontokan rambut setempat). Hal ini terjadi kakrena adanya suatu gangguan autoimun dimana sel-sel dari arah putih tubuh kemudian menyerang folikel rambut dan bisa membuatnya berhenti untuk  menumbuhkan rambut. Namun, pada masalah kerontokan rambut ini bukan hanya rambut kepala yang bisa terserang. Beberapa  dari mereka juga mengalami masalah rontoknya rambut diseluruh tubuh mereka. Dan hal ini merupakan hal yang dikenal dari dunia medis dengan sebutan alopecia universalis atau kerontokan rambut yang terjadi secara keseluruhan karena penyebabnya adalah alopecia areata).
Masalah kerontokan rambut yang parah ini bisa diobati, rambut bisa tumbuh lagi tanpa bantuan dari manapun secara eksternal. Namun biasanya orang yang mengalami masalah kerontokan rambut yang parah ini seringkali menderita suatu penyakit autoimun yang lainnya, misalnya adalah penyakit tiroid, diabetes melitus, dan juga penyakit asrtritis rematoid.
Kerontokan rambut yang parah yang ditandai dengan rontoknya rambut secara tidak merata ini biasanya ditandai dengan tubuh Anda yang mungkin mengirimi suatu pesan yang sangat kuat bahwa Anda berlebihan dalam melakukan perawatan, menyikat, atau juga bahkan mewarnai rambut. Kerontokan rambut yang parah ini dikenal dengan nama sebagia traumatic alopecia atau kehilangan rambut dikarenakan cedera.
Kerontokan rambut yang parah yang ditandai dengan rontoknya rambut yang menandakan suatu kondisi yang biasanya disebut  dengan cicatricialo atau scariing alopecia, dimana dari suatu folikel rambut rusak dan kemudian digantiak dengan jaringan bekas luka. Namun, rambut ini tidak akan tumbuh lagi. Biasanya hal ini diakibatkan karena sebuah luka bakar, luka fisik, atau juga beberapa hal yang bisa menyebabkan masalah luka atau bekas luka pada bagian tubuh manapun. Scarring alopecia ini merupakan salah satu dari adanya tanda suatu infeksi bakteri atau juga jamur yang merupakan suatu bentuk atau tanda  dari penyakit kulit lainnya.





Orang sering menotasikan rambut indah sebagai rambut yang panjang, lurus, dan hitam. Padahal, rambut hanya akan terlihat indah bila kondisinya baik yang berarti tidak kering, tidak pecah-pecah, dan tidak berketombe. Hal-hal yang tampak sepele dan sering kita lakukan sehari-hari bisa mengakibatkan kerusakan pada mahkota kita itu, misalnya sering menamparnya dibawah sinar matahari atau salah memilih produk perawatan rambut. Salah satu masalah yang sering dialami oleh rambut kita adalah masalah rambut rontok.
Cara merawat rambut rontok alami dengan melakukannya rutin dan rajin serta sabar akan menghasilkan rambut yang sehat dan bagus.
Rambut rontok bisa menjadi masalah siapa saja. Para ahli kecantikan mengungkapkan bahwa kerontokan rambut banyak disebabkan oleh polusi, sinar ultraviolet, radikal bebas, dan lampu tata cahaya di studi televisi. Normalnya, rambut yang terlepas dari kulit kepala adalah 50-100 helai per hari. Cara merawat rambut rontok alami adalah dengan :
1.      Menggunakan bahan-bahan alami uuntuk merawat rambut sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya.
2.      Keramaslah secara rutin dengan sampo yang sesuai dengan jenis rambut, misalnya seminggu 2 kali.
3.      Lakukan creambath secara rutin. Baik di salon maupun dirumah.
4.      Gunakan masker rambut unruk memberikan nutrisi pada rambut dan kulit kepala.
5.      Gunakan produk perawatan yang baik yang berfungsi mengehntikan proses oksidasi zat kimia pada rambut akibat penggunaan kosmetik rambut.
Cara merawat rambut rontok alami dapat dilakukan dengan air. Air yang didinginkan semalaman dapat mengobati kerontokan rambut. Jadi dika Anda bermasalah dengan rambut rontok, tidak ada salahnya Anda mencoba cara berikut :
1.      Masukkan air dalam suatu wadah, lalu dinginkan semalaman.
2.      Siramkan air yang telah didinginkan itu ke kepala hingga mencapai kulit, ratakan, lalu gosokkan dengan lembut. Biarkan selama setengah jam, bari bilas dengan sampo yang lembut.
Kemiri adalah buah dapur yang dapat digunkan untuk mengatasi kerontokan rambut. Selain itu, kemiri juga bisa digunakan untuk merawat rambut tipis pada bayi dan anak-anak. Caranya :

1.      Ambil 10 buah kemiri, sangrai, lalu tumbuk hingga halus.
2.      Letakkan bubuk kemiri pada kain katun, peras agar keluar minyaknya.
3.      Gosokkan kain yang berisi bubuk kemiri tersebut pada kulit kepala secara lembut dan merata lalu diamkan.
4.      Setelah sekitar satu jam, keramasi rambut hingga bersih. Lakukan perawatan ini seminggu sekali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar