Kamis, 01 Mei 2014

PENDAPAT TENTANG PRESIDEN YANG PALING BAIK DAN BERDAMPAK POSITIF BAGI INDONESIA

Sampai dengan detik ini indonesia telah dipimpin oleh 6 presiden, mulai dari Soekarno, Soeharto, Bj. Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati, dan sampai saat ini indenesia masih dipimpin oleh Susilo Bambang Yudhoyono. Setiap presiden yang pernah menjabat sebagai presiden Indonesia pasti memiliki kekurangannya masing-masing, tetapi dari beberapa presiden yang pernah menjabat menurut pendapat saya ada satu presiden yang memberikan dampak lebih bagi Indonesia, yaitu Soeharto.

Soeharto menjabat sebagai Presiden di Indonesia mulai dari tahun 24 Maret 1973sampai dengan 17 Oktober 1967. Pada masa jabatannya tidak semuanya berjalan dengan mulus, ada masalah yang timbul pada masa jabatan beliau contohnya adanya krisis moneter pada saat itu yang membuat seluruh masyarakat Indonesia menjadi panik akan kehidupannya kedepan, dan akhirnya soeharto mencetuskan idenya untuk membantu Indonesia yang salah satunya adalah dengan cara menyumbangkan seluruh gaji president, wakil presiden dan yang berkerja di pemerintahan,agar menyumbangkan gajinya mereka selama satu tahun.
Dampak positif selama kepemimpinan Soeharto, antara lain:
  • Pemerintah mampu membangun pondasi yang kuat bagi kekuasaan lembaga kepresidenan yang membuat semakin kuatnya peran Negara dalam masyarakat.
  • Pertumbuhan ekonomi yang tinggi karena setiap program pembangunan pemerintah terencana dengan baik dan hasilnya dapat dilihat secara nyata.
  • Indonesia mengubah status dari Negara pengimpor beras terbesar menjadi bangsa yang memenuhi kebutuhan beras sendiri (swasembada beras).
  • Penurunan angka kemiskinan yang diikuti dengan perbaikan kesejahteraan rakyat, dengan adanya program KB( keluarga Berencana) yang setiap pasangan cukup memiliki 2 anak saja.
  • Penurunan angka kematian bayi dan angka partisipasi pendidikan dasar yang semakin meningkat.
  • Dalam bidang pendidikan Soeharto mempelopori proyek Wajib Belajar yang bertujuan meningkatkan rata-rata taraf tamatan sekolah anak Indonesia. Pada awalnya, proyek ini membebaskan murid pendidikan dasar dari uang sekolah (Sumbangan Pembiayaan Pendidikan) sehingga anak-anak dari keluarga miskin juga dapat bersekolah. Hal ini kemudian dikembangkan menjadi Wajib Belajar 9 tahun.

referensi: 
http://puspasesy.wordpress.com/2014/04/26/pendapat-tentang-presiden-yang-paling-baik-dan-berdampak-positif-bagi-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar