Selasa, 22 Desember 2015

TUGAS 2


Karangan Argumentasi
Topik: Harga BBM Naik Lagi?
Beberapa waktu lalu Indonesia mengalami kenaikan bahan bakar minyak. Hal ini sangat disayangkan, dikarenakan harga minyak dunia sedang mengalami penurunan sebesar 18%. Kenaikan ini merupakan sebuah bentuk ketidak berpihakan pemerintah dengan masyrakat menengah ke bawah. Mereka kembali menaikan harga BBM dengan alasan mengikuti harga perkembangan minyak dunia dan mengalihkan subsidi ke sector lain.


Hal ini tidak  masuk akal karena Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil dan pemasok minyak bumi untuk Negara-negara lain. Cadangan minyak bumi kita cukup banyak dan dapat dikatakan surplus untuk memenuhi kebutuhan minyak bumi di dalam negeri. Lalu mengapa kita terpengaruh dengan harga minyak dunia sedangkan kita adalah produsen minyak tersebut.
Factor utama yang mempengaruhi terjadinya kenaikan  bahan bakar minyak adalah tekanan dari pihak asing, APBN deficit dan kuota bahan bakar minyak tersebut semakin menipis karena permintaan akan bahan bakar naik hal tersebut semakin meningkat. Masih banyak juga diantara kalangan menengah keatas yang menggunakan bahan bakar bersubsidi dan seharusnya mereka menggunakan bahan bakar yang tidak bersubsidi. Bahan bakar bersubsidi hanya boleh digunakan bagi kalangan menegah kebawah seperti, transportasi umum.
Permasalahan ini terjadi karena bahan bakar bersubsidi tidak tepat sasaran, tidak sedikit masyarakat menengah keatas menggunakan bbm bersubsidi sehingga kuota bbm bersubsidi menipis. Pemerintah harus memberikan pengawasan dan sanksi tegas bagi oknum yang tidak  bertanggung jawab seperti, oknum yang menimbun bahan bakar menjadi langka sehingga akan berakibat bbm menjadi naik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar